SILABUS DAN RPP TEMATIK KELAS 1, 2 dan 3 SD



silabus timatik 1a.xls
silabus timatik 1b.xls
silabus timatik 2a.xls
silabus timatik 2b.xls
silabus timatik 3 a.xls
silabus timatik 3 b.xls

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1. Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
2. Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
3. Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Menjelaskan fungsi wilayah darat NKRI.
5. Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
6. Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.

Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
2. Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
3. Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
5. Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
6. Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

B. Materi Ajar
1. Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
2. Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2 Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi dengan teman sebangku.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.

2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
b) Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
c) Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
d) Guru menyiapkan kelas diskusi.
e) Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
f) Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

2. Kegiatan Inti
a) Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
b) Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
c) Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
d) Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
c) Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
d) Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

E. Sumber/Bahan Belajar
1 Peta dunia.
2 Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
3 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.

F. Penilaian
Teknik : tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keaktifan anak berdiskusi).
Contoh Instrumen :
1 NKRI adalah ….
2 Indonesia merupakan negara berbentuk ….
3 Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ….
4 Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ….
5 NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ….

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)

Bab 1

Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1 Memahami arti penting keutuhan NKRI.
2 Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3 Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).

Alokasi Waktu: 6 x 35 menit (3 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
3. Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.

B. Materi Ajar
1 Arti penting keutuhan NKRI
2 Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
3 Makna kesatuan wilayah Indonesia

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi kelas.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.

2. Kegiatan Inti
a) Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan; serta legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
b) Guru mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
c) Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
d) Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
e) Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.

2. Kegiatan Inti
a) Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
b) Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang tersebut.
c) Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
d) Guru bercerita tentang sebab-sebab dirumuskannya Pancasila.
e) Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
f) Siswa mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI dengan panduan guru.
g) Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.

2. Kegiatan Inti
a) Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara general.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi.
c) Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
d) Siswa melaporkan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Guru mengingatkan siswa untuk memfotokopi gambar pada halaman 14—18 buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pertemuan.

E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 5—9.
2. Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
3. Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
4. Lagu ”Garuda Pancasila”.

F. Penilaian
Teknik : tugas berkelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan dan tertulis.
Contoh Instrumen :
1. Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
2. Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)

Bab 1

Kompetensi Dasar
1.3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memberi contoh dan memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Tanya jawab.
4. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke sekolah.

2. Kegiatan Inti
a) Siswa dan guru bertanya jawab secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
b) Guru meminta siswa menyiapkan fotokopi gambar yang ada pada halaman 14—18 buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
c) Siswa mulai bekerja mewarnai gambar yang ia pilih.
d) Siswa menceritakan isi gambar dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman.

3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang perasaan dan pikiran mereka tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
b) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c) Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
d) Pelajaran diakhiri dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 14—18.
b) Teman
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F. Penilaian

Teknik : tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja (keberanian anak menceritakan gambar).

Contoh Instrumen :
1. Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah …. (gambar a atau b)
2. Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi adalah …. (gambar a atau b)
3. Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah …. (gambar a atau b)

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pkn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : (Satu)

Bab 2

Standar Kompetensi
Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Indikator
1 Mengetahui berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
2 Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.

Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui dan nenyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
2. Siswa dapat mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.

B. Materi Ajar
1. Pengertian perundang-undangan.
2. Fungsi peraturan perundang-undangan.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.

2. Kegiatan Inti
a Siswa diajak untuk membaca pengantar bab Peraturan Perundang-Undangan pada halaman 30 dan 31.
b Siswa merumuskan pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah secara individual.
d) Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan.
e) Siswa, disertai dengan panduan guru, membuat generalisasi definisi yang telah dibuat oleh semua siswa.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan.

2. Kegiatan Inti
a) Guru meminta siswa mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah yang telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi.
c) Siswa berdiskusi tentang fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan daerah bagi individu dan masyarakat.
d) Siswa melaporkan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
1. Artikel yang menceritakan berbagai peraturan perundang-undangan daerah, misalnya artikel tentang hak asasi manusia, keuangan daerah, atau larangan merokok di tempat umum.
2. Rekaman siaran berita televisi atau radio yang berhubungan dengan berbagai peraturan perundang-undangan daerah.
3. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33—34.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu dan tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keberanian anak berbicara atau mengungkapkan isi pikiran dan keaktifan diskusi kelompok).
Contoh Instrumen : Mengapa perlu dibuat peraturan perundang undangan?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : 1 (satu)

Bab 2

Kompetensi Dasar
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.

Indikator
1. Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
2. Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.

Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mengetahui dan dapat menyebutkan tata urutan perundang-undangan di Indonesia, serta memahami dan dapat menjelaskan kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

B. Materi Ajar
1. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
2. Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2 Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi kelas dan diskusi kelompok.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan rutin siswa sehari-hari yang biasanya dilakukan secara berurutan (misalnya bangun pagi, lalu mandi, sekolah, pulang sekolah, bermain, lalu menyapu halaman).

2. Kegiatan Inti
a) Guru mengajak siswa menyebutkan tata urutan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dengan suara lantang, secara bersama-sama dan berulang-ulang.
b) Guru menyiapkan kartu berisi tulisan nama perturan perundang-undangan di Indonesia.
c) Guru mengacak urutan kartu itu, lalu siswa mengurutkannya sesuai urutan yang benar.
d) Kegiatan tersebut dilakukan siswa secara bergantian.

3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Guru dan siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman siswa memperhatikan peraturan larangan merokok di tempat umum, larangan menginjak rumput di taman kota, atau larangan berjualan di tempat tertentu.

2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan artikel yang mengandung informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan daerah untuk bahan diskusi (misalnya artikel tentang larangan merokok di tempat umum atau larangan berjualan di tempat tertentu.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi dan membagi kelompok.
c) Siswa mengundi artikel untuk kelompok mereka masing-masing.
d) Siswa berdiskusi dengan pengawasan guru.
e) Siswa melaporkan hasil dikusi.

3. Kegiatan Penutup
a) Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Guru dan siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.

E. Sumber/Bahan Belajar
1 Kartu berisi tulisan urutan tata perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
2 Berbagai artikel di koran atau surat kabar tentang berbagai peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
3 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 35—42.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengajukan diri untuk mengurutkan kartu dan melaporkan hasil diskusi), penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat), penilaian sikap, keterlibatan dalam diskusi.
Contoh Instrumen :
1 UUD 1945 berfungsi sebagai ….
2 Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan merokok di tempat umum?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : I (Satu)
Semester : 2 (Dua)

Bab 3

Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi.

Kompetensi Dasar
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi

Indikator
1. Menjelaskan pengertian organisasi secara deskriptif.
2. Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4. Merumuskan contoh struktur organisasi.
5. Merumuskan contoh tata tertib organisasi.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi.
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
5. Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.

B. Materi Ajar
1. Pengertian organisasi
2. Ciri-ciri organisasi.
a. Tujuan organisasi.
b. Anggota organisasi.
c. Struktur organisasi.
d. Tata tertib organisasi.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.

2. Kegiatan Inti
a) Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”.
b) Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
c) Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara tertulis.
e) Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.
f) Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka melanggar peraturan itu.

2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan dalam hierarki tersebut.
c) Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
d) Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
e) Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi tersebut.
f) Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

E. Sumber/Bahan Belajar
1 Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
2 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
3 Lingkungan sekolah.
4 Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.

G. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian unjuk kerja, observasi.
Contoh Instrumen : Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : 2 (Dua)

Bab 3

Kompetensi Dasar
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Indikator
Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.

Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut.

B. Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi kelas.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano, atau klub sepak bola).

2. Kegiatan Inti
a) Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
b) Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
c) Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat.
d) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
e) Siswa mengerjakan tugas.
f) Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
g) Siswa mengerjakan tugas.
h) Guru memeriksa pekerjaan siswa.
i)
3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya jawab kepada siswa tentang tugas yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.

2. Kegiatan Inti
a) Guru memperkenalkan beberapa narasumber, yaitu pengurus sebuah organisasi yang ada di lingkungan sekolah atau masyarakat.
b) Narasumber memperkenalkan diri, lalu menjelaskan gambaran umum organisasi dan pengalaman singkat mengikuti oranisasi itu.
c) Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di organisasi itu, kemudian narasumber menjawabnya.
d) Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang manfaat bergabung dengan organisasi itu bagi masyarakat.
e) Guru menugaskan siswa menulis hal-hal yang telah mereka tangkap dari pertanyaan siswa dan penjelasan narasumber.
f) Siswa mengerjakan tugas.
g) Guru memeriksa pekerjaan siswa.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c) Guru memperingatkan siswa untuk memfotokopi gambar halaman 69—73 pada buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
d) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 63—68.
2. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
3. Teman.
4. Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
5. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bertanya dan kreativitas pertanyaan anak).

Contoh Instrumen :
1. Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
2. Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
3. Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste : 2 (dua)

Bab 3

Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

Indikator
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengenal organisasi, memilih organisasi untuk diikuti, dan menjelaskan alasan memilih organisasi tersebut.

B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2 Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi kelas.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.

2. Kegiatan Inti
a) Siswa menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar halaman 69—73.
b) Siswa memilih gambar dan mewarnainya.
c) Siswa menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
d) Guru memeriksa pekerjaan siswa.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
1 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 69—73.
2 Teman.
3 Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
1.
F. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan (kemampuan menjelaskan isi gambar dan ketepatan alasan memilih gambar), penilaian unjuk kerja (kerapian pewarnaan gambar).

Contoh Instrumen :
1 Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ….
2 Agar dapat mempelajari berbagai keterampilan untuk hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ….

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste : II (Dua)

Bab 4

Standar Kompetensi
Menghargai keputusan bersama.

Kompetensi Dasar
Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

Indikator
1. Memahami definisi keputusan bersama
2. Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
3. Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan definisi keputusan bersama.
2. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama.
3. Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

B. Materi Ajar
1 Pengertian keputusan bersama.
2 Bentuk-bentuk keputusan bersama.
3 Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b) Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang beraku di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.

2. Kegiatan Inti
a) Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk mufakat.
b) Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
c) Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
d) Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
e) Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
f) Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.

3. Kegiatan Penutup
1 Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
2 Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
3 Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 82—87.
2. Orang tua.
3. Teman.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian sikap dan penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen : Mengapa keputusan bersama dianggap penting?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : II (Dua)

Bab 4

Kompetensi Dasar
4.2. Memahami keputusan bersama.

Indikator
1. Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat.
2. Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.
2. Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.

B. Materi Ajar
1. Reaksi terhadap keputusan bersama.

C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperative Learning.
3. Diskusi dengan teman sebangku.
4. Tanya jawab.
5. Ceramah.
6. Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menerima peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya tugas menjaga adik, pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan.

2. Kegiatan Inti
a) Guru meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan dibacakan oleh guru.
b) Guru membacakan soal nomor 1 halaman 90, lalu meminta seorang anak untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan a.
c) Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
d) Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan b.
e) Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
f) Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan c.
g) Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
h) Kegiatan ini berlaku seterusnya bagi soal nomor 2 hingga 9.

3. Kegiatan Penutup
a Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 90—96.
2. Orangtua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F. Penilaian
Teknik : tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen :
1. Di kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih Robert sebagai ketua kelas.
a. Apa yang kamu rasakan ketika mendengar keputusan tersebut?
b. Apa pendapatmu tentang sikap wali kelasmu?

__________, _____________________

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn

_______________________ _______________________
NIP. NIP

untuk lebh lengkapnya klik tautan dibawah ini. tapi ingat kembangkan lagi

Silabus dan RPP Tematik Kelas 1

Silabus dan RPP Tematik Kelas 2

Silabus dan RPP Tematik Kelas 3

SKKD SDLB
SKKD SDMI

About these ads

Tentang Khoirul Anwari

Majulah Pendidikan Indonesiaku, Sejahteralah Guruku.
Tulisan ini dipublikasikan di PENDIDIKAN dan tag . Tandai permalink.

91 Balasan ke SILABUS DAN RPP TEMATIK KELAS 1, 2 dan 3 SD

  1. m@n!$ berkata:

    kelas slain kelas 5 manaaa?……

  2. benny juliansyah berkata:

    jangan tganyakan pada google anyakan pada rumput yang bergoyang

  3. muniati boak berkata:

    terima kasih sobat anda telah membantu sahabat anda yang sedang bingung menyusun RPP

  4. iklimah berkata:

    kok cmn kelas 5

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s