Motor Bakar


Aniamsi Rem



Persada FM (Dengar Pengajian YUUK

Gak Mudeng

Gak Mudeng


Menurut Jenis pembakarannya, motor bakar terdiri dari 2 macam yaitu Pembakaran dalam (internal combustion engine) dan pembakaran luar (external combustion engine). dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat, maka motor jenis pembakaran dalam (internal combustion engine) menjadi pilihan utama konsumen. Adapun mesin jenis ini banyak kita jumpai atau bahkan kita sering menggunakannya akan tetapi tidak menyadari jika mesin tersebut adalah mesin jenis pembakaran dalam. (HONDA, YAMAHA, SUZUKI, KAWASAKI, KANZEN, DSB). Jenis motor pembakaran dalam ini dibedakan lagi menjadi 2 macam, yaitu motor bakar 2 TAK dan motor bakar 4 TAK.

Nah, tahukah anda bagaimana sebuah mesin bekerja? hanya berasal dari 4 langkah sederhana dalam siklus langkah hisap, langkah kompresi, langkah kerja dan langkah buang.

Sebelum melihat animasinya, diharapkan mempelajari dulu prosesnya.

I. LANGKAH HISAP

1. Piston Bergerak dari TMA ke TMB (turun).

2. Katub hisap terbuka, katub buang tertutup.

3. Bahan bakar+udara masuk melalui katub hisap (bahan bakar+udara dari karburator)

II. LANGKAH KOMPRESI

1. Piston bergerak dari TMB ke TMA (naik)

2. Kedua katub (Katub hisap dan Katub buang) tertutup.

3. Bahan bakar+udara di kompresikan, sehingga ruang bakar menjadi sempit dan temperatur di dalamnya menjadi tinggi. hal ini untuk mempermudah terbakarnya bahan bakar+udara.

4. Beberapa derajat sebelum TMA, busi memercikkan bunga api untuk membakar bahan bakar+udara.

III. LANGKAH KERJA/USAHA

Dalam proses inilah sebuah mesin dapat bergerak dan dikendarai. dimana tenaga yang dihasilkan mampu menggerakkan semua komponen mesin. Prosesnya sama persis ketika kita menyalakan sebuah sumbu tabung yang didalamnya telah terisi bahan bakar, atau kalau kita masih ingat mainan “Mercon Bumbung”, yap, ujungnya kita tutup dengan kain, apa yang terjadi? kain akan terhempas karena terjadi ledakan/dorongan yang kuat dari dalam “bumbung” atau bambu.

Proses langkah Kerja/usaha:

1. Piston bergerak dari TMA keTMB, turun, dengan membawa/meneruskan tenaga hasil ledakan yang terjadi di dalam ruang bakar. (salah satu fungsi knalpot dibuat untuk meredam suara dari proses ini)

2. Kedua katub tertutup

IV. LANGKAH BUANG

1. Piston bergerak dari TMB ke TMA, naik.

2. Piston mendorong gas hasil pembakaran keluar melalui katub buang kemudian diteruskan ke knalpot, yang terkadang bisa terlihat asap keluar dari knalpot, itulah gas hasil pembakaran.

Untuk animasi yang lainnya,klik Moh Khoirul Anwari Motor Bakar

Tentang Pak Choy

Belajar Menjadi Gurunya Manusia
Pos ini dipublikasikan di OTOMOTIF. Tandai permalink.

16 Balasan ke Motor Bakar

  1. kUznadi xA smK anNor berkata:

    paK bLeCh gK cOpy pazTa….

  2. MENONE berkata:

    waaaaaaaahhhhhhhh komplit bgt sob……………..mantaaaappppp

  3. sangat bagus blog bapak guru kita satu ini…
    betul pak nasip kita sebgai guru swasta …..jauuuuh tertinggal dari guru pns yg lain apalagi kami ngajarnya menggunakan jam nyata…….sementara yayasan tidak peduli dengan nasip kami

  4. Herry Ir. berkata:

    Izin copy bang buat bhan tugas kul….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s